Visi dan Misi

Visi

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pringsewu  mempunyai Visi : Terwujudnya Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pringsewu yang Profesional, Akuntabel dan Transparan dan Berorientasi pada Kepentingan Publik”.

Visi tersebut dapat dijabarkafn sebagai berikut :

  1. Keuangan Daerah adalah semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah yang dapat dinilai dengan uang, termasuk di dalamnya segala bentuk kekayaan daerah yang berhubungan dengan hak dan kewajiban daerah dalam kerangka APBD.
  2. Aset Daerah adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD atau perolehan lain yang sah.
  3. Pengelolaan Keuangan Daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah.
  4. Pengelolaan Aset Daerah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian barang milik daerah.
  5. Profesional adalah bekerja dengan mengejar kesempurnaan kerja, memiliki kesungguhan dan ketelitian kerja, tekun, ulet dan gigih untuk membuat suatu yang lebih baik, berintegritas tinggi dalam menegakkan kebenaran yang berkaitan dengan pekerjaanya, memiliki pemikiran dan tindakan yang selaras dan konsisten, memiliki kesadaran untuk mengembangkan kemampuan secara mandiri dan mencintai pekerjaanya.
  6. Akuntabel adalah pengelolaan keuangan dan barang milik daerah yang dapat dipertanggungjawabkan kepada public melalui DPRD.
  7. Transparan adalah unsur keterbukaan dalam pengelolaan keuangan dan Barang Milik Daerah.

 

Misi

Misi merupakan suatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Dengan adanya misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak lain dapat mengetahui peran dan program serta mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi yang ditetapkan adalah :

  1. Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dengan prinsip transparan dan akuntabel dan efisien.

Dasar dari misi ini adalah dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan dan asset daerah Kabupaten Pringsewu sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 59 Tahun 2007 dan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011; dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan keuangan yang cepat, tepat dan akurat.

Dasar misi ini adalah dalam rangka memberikan pelayanan yang baik maka dibutuhkan Sumber daya aparatur  yang handal, Profesional sehingga dapat memberikan pelayanan yang diharapkan.

  1. Meningkatkan dan mengembangkan sistem Akutansi dan Pelaporan yang akurat dan informatif.

Dasar dari misi ini adalah dalam rangka mewujudkan sistem akutansi dan pelaporan yang akurat dan berdaya guna.

  1. Meningkatkan sumber daya aparatur dalam rangka mengembangkan penata usahaan keuangan dan aset yang baik dan dinamis.

Dasar dari misi ini adalah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, maka dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik dan cukup dan sumberdaya manusia yang professional dan produktif sehingga dapat memberikan pelayanan prima terhadap public dalam pengelolaan keuangan dan asset daerah.